Terbaru

Alasan Purwokerto Kota satria

Kota Satria, mungkin terdengar sangat familiar di telinga orang Banyumas dan sekitarnya. Karena kota yang meiliki julukan sebagai Kota Satria adalah Purwokerto. Sebagai kota yang menjadi Trend Center di Kabupaten Banyumas. Purwokerto sangatlah pas mendapatkan julukan tersebut. Banyak sekali orang diluar sana yang menanyakan mengapa Purwokerto Kota Satria? Apakah banyak kesatria yang hidup disana pada jaman dulu?


Sebelum mengupas lebih dalam alangkah lebih baiknya kita mengenal dulu istilah dari kalimat Purwokerto Kota Satria. Satria atau kata yang ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata "Kesatria" yang memiliki arti Pahlawan. Pasti anda akan bertanya apa hubungannya dengan Kota Purwokerto.


Perlu anda ketahui bahwa julukan Purwokerto Kota Satria yaitu seperti yang banyak orang pertanyakan. Pada jaman dahulu memang banyak sekali satria yang hidup di kawasan Kabupaten Banyumas. Contohnya pada jaman berdirinya Banyumas adalah Joko Kaiman, Adi Pati Wirasaba. Selain itu pada jaman penjajahan juga ada beberapa kesatria atau pahlawan yang terkenal  dan tercatat namanya di Sejarah Pahlawan Nasional yang berasal dari daerah Banyumas seperti Jenderal Soedirman, Soerono,  Gatot Subroto, Soparjo Roestam, dan sebagainya.


Dengan banyaknya pahlawan-pahlawan yang lahir di Purowkerto. Maka tidak salah bahwa Purwokerto memiliki julukan Purwokerto Kota Satria. Ada beberapa bukti tentang banyaknya pahlawan yang hidup di Purwokerto terutama pada saat masa penjajahan. Buktinya bisa kita temukan di darah Tanjung, Purwokerto. Disitulah tempat makam para pahlawan yang berjuang demi mempertahankan NKRI berjejer.

Tak hanya sebagai istilah Purwokerto Kota Satria, akan tetapi SATRIA juga memiliki sebagai penjabaran tentang harapan kota ini, yaitu:
S = Sejahtera
A = Adil
T = Tertib
R = Rapi
I = Indah
A = Aman
Sebenarnya di kota ini terdapat banyak sekali sejuta cerita yang sangat berkesan bagi orang yang pernah kesini. Walaupun kota ini terbilang kecil di banding kota lain. Namun kebanyakan orang jika ditanya akan menjawab sesuai harapan dari kata SATRIA di atas yaitu "Purwokerto adalah kota yang sangat nyaman untuk di tinggali".